Minggu, 29 Agustus 2010

WiFi (Wireless Fidelity)

 WiFi

Wifi itu singkatan dari wireless fidelity, yg arti-nya teknologi komunikasi wireless yg dapat menyediakan koneksi antara komputer portable (seperti laptop. PDA) dgn internet. Untuk menghubungkan user ke internet, device Wi-Fi menggunakan transmitter low-power dan receiver (penerima sinyal) yg dilengkapi chip komputer spesial berisi modem radio. Chip Komputer ini bisa diinstal di laptop, PDA (personal digital assistant) dan telepon seluler.
Sejarah Wifi
Berikut ini adalah nama penemu embrio teknologi wifi. Semuanya bermula dari penemuan hubungan listrik dgn gelombang radio yg dihasilkannya.
* Pertengahan abad 19 : Ide komunikasi radio wireless bermula dari pertengahan abad 1800. Ide ini dipelopori teori 2 ilmuwan inggris, Michael Faraday dan James Clerk Maxwell.
* 1988 : Heinrich Hertz, fisikawan jerman, mempraktekkan teori Faraday dan Maxwell untuk membuat transmitter spark-gap. Transmitter tersebut adalah alat yg menghasilkan gelombang radio dari percikan listrik.
* 1895 : insyiur listrik berkebangsaan itali, Guglielmo Marconi meningkatkan jangkauan transmisi Hertz dan mengadopsi teknologi untuk mengirim dan menerima sinyal telegram wireless.
* 1901 : Marconi membangun transmitter telegraph lintas benua pertama, yg mana mempunyai jangkauan sejauh 3.400 km dari Poldhu, Cornwall, England sampai ke St. John’s, Newfoundland.
Radio dan Modem
Radio modem memiliki fungsi yg sama seperti modem yg bekerja dengan jaringan berbasis kabel (jaringan konvensional yg dipakai telephon, dll). Modem bekerja me-modulasi dan me-demodulasi sinyal yg meniru stream bit digital yg merupakan format data komputer. Komputer, handphone, dan PDA yg dilkengkapi wifi memiliki akses pada e-mail dan situs internet.
Oh, iyaiya, Modem wireless berada pada jangkauan Wifi yg berisi transmitter dan receiver agar bisa bekerja. Sementara, Transmitter dan Receiver ini harus terhubung dgn alat yg menyediakan akses internet. Area yg berada dalam jangkauan wifi biasa disebut hotspots (hot spot).
Saat ini, standar teknis membatasi ukuran hotspot itu 90m. Akan tetapi, banyak transmiter yg bisa dihubungkan dgn area yg lebih luas seperti hotspot bandara dan hotel. Sementara, Kecepatan kirim data itu sekitar 11 sampai 34 mega per detik. Kecepatan koneksi internet ini biasa disebut broadband internet, karena besarnya jumlah bit data yg bisa dikirim cepat.
Wimax
Selain broadband ada teknologi wireless lain yg bernama Wimax. Ukuran coverage Wimaz itu sekitar 48 km. Teknologi Wimax itu hasil pengembangan koneksi broadband. Melalui Wimax, orang bisa tetap terkoneksi dengan hotspot internet sekalipun sedang berkendara. Tentu saja, selama daerah dia berkendara itu masih berada di wilayah coverage Wimax.
Terminologi Lain
Internet Access
Istilah internet access merujuk ke komunikasi antara klien ISP dgn ISP (internet service provider) sehingga klien bisa terkoneksi ke internet. Koneksi Internet terbagi ke dalam 3 kategori :
1. Koneksi Dedicated : Komputer klien ISP langsung terhubung ke internet sepanjang waktu melalui koneksi permanen.
2. Koneksi Dial-up : Komputer klien terhubung ke internet melalui modem kabel yg menggunakan jaringan kabel telephone.
3. Koneksi Wireless :
Koneksi Dedicated
Kebanyakan perusahaan besar membutuhkan bandwidth yg lebar untuk menopang bisnis mereka. Oleh karenanya mereka menyewa koneksi dedicated murni. Harga sewa koneksi ini lumayan mahal. Sementara perusahaan kecil atau individu yg membutuhkan teknologi dedicated lebih memilih jenis DSL (digital subscriber line) atau modem berkabel, karena keduanya menghemat biaya.
DSL mengirim data melalui kabel serupa dengan yg dipakai perusahaan telepon. dan model kabel menggunakan kabel yg sama dengan kabel televisi. Dalam setiap kasus, device elektronik yg digunakan mengirimkan data melalui kabel menggunakan frekuensi dan channel berbeda sehingga pengiriman data tidak mengganggu sinyal lain yg menggunakan kabel yg sama.
Kemudian, koneksi internet DSL dapat mengirim bit bit data melalui sepasang kabel,yg waktu bersamaan bisa dipakai menelepon. Model kabel dapat mengirim data melalui kabel yg sama yg digunakan untuk menerima sinyal televisi. Klien biasanya membayar biaya tetap bagi koneksi dedicated. Sebagai gantinya, ISP setuju merelay data antara komputer klien dgn internet.
Satellite Internet Access
Opsi koneksi internet lain yg tidak terlalu populer adalah koneksi satelit. Sinyal internet ditangkap komputer klien dari relay satelit yg sedang mengorbit. Sinyal Satelit ini ditangkap via parabola khusus.
Koneksi Dial-Up
Dial-up itu koneksi internet paling murah tapi juga yg paling tidak nyaman. Untuk menggunakan akses dial-up. seorang subscriber harus memiliki modem telephone, alat yg bisa mengkoneksikan antara komputer dgn jaringan telepon. Modem juga mampu mengubah data menjadi suara dan suara menjadi data. Klien ISP akan disediakan software yg mengkontrol modem. Untuk mengakses internet, user harus membuka aplikasi software tsb.
Tidak seperti teknologi dedicated connection, modem dialup tidak menggunakan frekuensi yg berbeda. Jadi jaringan telephon tidak bisa digunakan untuk menelepon selama masih dipakai modem dialup untuk mengirim data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar