Minggu, 29 Agustus 2010

Anti Virus Buatan Indonesia

ANSAV

Bagi beberapa orang penggemar aplikasi portable mungkin sudah mengetahui tentang Ansav. Kalau ada yang belum tahu, Ansav itu adalah Antivirus buatan Indonesia yang bisa berjalan secara portable. Itu kelebihannya. Selain itu Ansav juga jadi kebanggaan karena tidak cuma orang luar negeri saja yang bisa buat antivirus, kita juga bisa. Saya sendiri tahu tentang Ansav karena teman-teman saya banyak yang pakai. Awalnya saya tidak terlalu yakin dengan Ansav itu sendiri, karena selain buatan lokal juga hanya sebagai antivirus protable. Tapi setelah mencobanya sendiri ternyata luar biasa ampuh dan portablenya yang saya anggap remeh tadi malah menjadi suatu kelebihan.
Kelebihan pertama setelah pembaharuan Ansav adalah tampilannya. Ansav jadi lebih simple tapi menarik. Bagusnya lagi Ansav malah jadi ringan tapi masih tetep ampuh. Buktinya adalah scanning memory saat pertama Ansav dijalankan jadi lebih cepat daripada versi Ansav terdahulu. Menunya ada di samping kiri berupa tab-tab dengan tulisan yang besar-besar, jadi enak dipandang. Ansav juga dibuat kesan glossy merah dan ada unsur putih. Glossynya melambangkan bahwa Ansav siap memasuki era interface high tech (Vista juga dibuat glossy to biar terlihat high tech). sedangkan merah-putihnya menurut saya melambangkan bahwa Ansav buatan Indonesia. Ansav sendiri menyediakan skin lain kalau-kalau anda tidak suka dengan skin normalnya. Skinnya dapat didownload juga di website Ansav. Tidak ada kan antivirus lain yang menyediakan opsi untuk mengganti skin. Ansav memiliki 9 skin resmi yang dapat didownload, yaitu: black edition, blue edition, blue glasses, choco cream, green stripes, grin mould, orange range, silpher, dan tree.
Yang kedua, Ansav sekarang sudah bisa live update. Jadi tidak perlu download versi baru lagi seperti dulu. Lebih enaknya lagi, kan Ansav protable tuh, jadinya kalau mau update tinggal jalankan saja dari flashdisk/removable media Anda yang lain. Praktis bukan!
Yang ketiga, sekarang Ansav punya fasilitas quarantine, dahulu kan ga ada. Prinsipnya sama dengan fungsi quarantine antivirus lain. Yaitu untuk memenjara file yang diduga virus/worm untuk menunggu sidang selanjutnya, jadi status file itu tersangka. Dan hakimnya adalah Anda. Apakah Anda memutuskan untuk menjatuhi hukuman mati, rehabilitasi, dibebaskan saja, atau malah tetap memenjarakannya dan menunggu update Ansav selanjutnya untuk meyakinkan apakah file tadi tersangka (virus) atau bukan.
Yang keempat, dalam readmenya Ansav dicantumkan bahwa Ansav Guardnya lebih stabil. Ansav Guard adalah fasilitas Ansav untuk melindungi komputer Anda secara otomatis. Untuk menjalankannya Anda harus menginstal Ansav dulu di komputer Anda (caranya jalankan Ansav | Options | Install). Jujur saya belum mengetes secara langsung tentang kestabilan Ansav Guard ini. Dahulu, ketika Ansav Guard punya Ansav yang lama saya jalankan, dia selalu menganggap file PCMAV-CLN adalah virus dan langsung menghapusnya. Saya harap ini tidak terjadi di Ansav Guard yang baru. Untuk keterangan selanjutnya baca saja di readmenya Ansav.
Kelima, sekarang Ansav mendukung lebih banyak plugin. Sebenarnya sih plugin itu sendiri sudah merupakan kelebihan Ansav. Jarang-jarang kan antivirus yang mendukung plugin. Sekarang resminya Ansav memiliki 4 plugin. Pertama styler untuk mengganti skin, kedua RegistryFX untuk mengubah setting sistem, ketiga Hidden Revealer untuk mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus, dan yang terakhit Fixerion untuk tambahan database virus Ansav.
Keenam, multi language. Ansav yang baru Anda download akan memiliki 3 bahasa, yaitu: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jawa. Jadi Anda bisa mengganti bahasa sesuai dengan keinginan Anda, lebih nyaman yang mana. Anda pun dapat membuat bahasa sendiri dengan memodifikasi file lng milik Ansav.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar